Gerakan Hemat Nasional

Iseng iseng neh saya koq adah ide usil… setelah membaca blognyah sapa yah sayah lupa, yang jelas mbakyu mbakyuh… yang isinya

waktu nungguin lampu jadi ijo di perempatan, knapa ngga dimatiin ajah dulu mesinnya. biar bisa sekedar mengurangi polusi udara plus mengurangi jumlah asap yang dihirup pengendara2 nyang lainnyah…

itung2annya ginih aja deh… kalok di jawa, kota tercinta saya, Solo… saya perhatiin  sekali lampu ijo nyala itu sekitar 30 detik-an… misalkeun, kita lagi di pertigaan, brarti khan jatah nunggu kitah minimal 30 detik… yah kalo beruntung matanya lampunya udah ijo ya ngga usah nunggu, geber abis langsung ajah… ya misalkeun aja koq… kita nungguin satu kali giliran sebuah lampu ijo nyalah… trus nyang nunggu cuman 10 kendaraan… semuwanya dimatikan mesinnyah dan baru diidupkeun 5 detik ato kalo memungkinkan yah 3 detik, sebelum lampuh ijo menyalah… trus dikalikeun berapa buanyak pertigaan nyang ada lampu warna warninya itu…

bisa di bayangkeun khan, jumlah polusi yang berkurang…

lha khan kalok nyetarter lagih bukannya ngabis2in aki plus boros bengsin??

ya elah… pengting mana sih antarah duwit amah kesehatan plus warisan ozon yang mangsih utuh buwat anak cucu kitah nantih??

lha ituh baru di jawa lho nyang notabene sedikit penduduknya plus rada2 sepi (waktu kemaren mudik da jawa, kalo naek motor kecepetan sayah selaluh diatas 80)…

gmn kalo jakarta yang dihiasi oleh jutaan motor?? tau sendiri.. sekali lampu ijo nyala itu 1 menitan, ada yang 30 detik juga sih, tergantung setting timernya… kalo sore ya nyang ke arah luar kota ijonya lebih lama…

kita itung minimal paling cepet 1 giliran berenti 1 menit ajah… tiap berenti lampu merah sesepi2nya paling engga ada 20an kendaraan bermotor… ini sepih2 lho yah… bukan jam brangkat ngantor ato jam pulang ngantor…. ato jugak bukan waktu lebaran… tapi kalok lebaran juga sesepi2nya jakarta begimana seh…

sudah bisa lumayan swejuk ituh udaranyah… kalok semua orang nerapin inih..

paling engga jarak pandang langit jakarta ngga cuman 5 Km kalok cerah dan 8 Km kalok abis ujan…

yah boros2 aki plus bengsin sedikit juga ndak papah tho…

apa situh mau anak cucu situh kalok ke jakarta musti maskeran gara2 polusi udaranya sudah diambang penjajahan?? sekali cium udara bebas, besoknya mati… ato kenak kanker paru2??? hayoh…

blom lagih ozon nyang semakin menipis…

itu baru dibidang matiin motor…

contoh penghematan laen, kayak yang saya baca jugah di blog ituh (arrghh saya lupa sapa nyang ketik!! MBAHH MOHON PENCERAHAN!!!) kalo lagi cucih tangan da wastafel, sementara airnya kaga dipakek… mbok ya ditutup doloh kerannyah… khan lumayan lho penghematannya… bisa 1 liter yang terbuwang bebas ke selokan, trus kalok ngucurin mani air ya nda usah kuenceng2 sampek airnya ngosos, cukup itir itir itir… kecil aja juga bisa khan… sayah cukup sering mempraktekkan inih…..

lha trus listrik…. kalok nda dipake, walupun barang 2 menit, dimatiin dulu alat listrik nyang di pakek… (kayanya ngga berlaku buwat komputer, soale nunggu loading aja bisa 2 menitan lebih, kecuwali situh makeknya yang produk buwah itu) dari pada kita nantih kekurangan pasokan listrik nasional dan terjadi pemadaman bergilir???

hayoh knapa ngga kitah mulai dari diri kita sendiri duluw…

buktikan kitah sebagai blogger ngga cuman bisa ngeblog biar ngga dituduh ngehack situs orang tahun ini khan udah ada gerakan 1000 bukuw…

misalnyak tahun depan kita canangkan gerakan hemat nasiyonal sebagai salah satu slogannyah plus misalkan gerakan orangtua asuh (buat nyang kongkrit-kongkritnya)… mumpung pesta blogger bentar lagi di mulaih….

tapi sayah ngga ngusulin gerakan hemat duwit yah… urusan mangsing mangsing ituh….

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: