My name is

Pagi ini teman saya si mamad bertanya kepada saya, “Emang nama asli loe sapa sih Yo?”

Saya sedikit termenung… Mungkin akhir2 ini saya terlalu mempunyai banyak nama. Tyo, Kevin dan Ardi
Bahkan sebelum saya kejakarta adalagi saya punya nama panggilan. Oleh karena itu, untuk meng-clear-kan masalah dan rasa penasaran teman saya itu, akan saya runut satu persatu nama panggilan saya.

Nama Lengkap saya adalah Setyatmo Ardi Nugroho.
Setyatmo berasal dari kata Setyo dan Atmo. Atmo diambil dari bahasa jawa yang artinya anak sedangkan Setyo adalah nama ayah saya Susetyo atau bisa berarti setia. Bisa diambil arti  sebagai anaknya pak susetyo.
Sedangkan Ardi juga merupakan bahasa jawa yang berarti Gunung. Dan Nugroho pun diambil dari bahasa jawa yg berarti anugrah.
Jadi nama saya adalah sebuah doa dari orang tua saya. Yang bisa diartikan sebagai Anak pak Setyo yang memiliki anugrah sebesar gunung.
bisa jadi ditafsirkan lain menurut arti bahasa diatas.
well apapun anda mengartikannya, yang jelas nama saya merupakan sebuah doa dari orang tua saya untuk saya.

Merunut nama panggilan saya akan cukup panjang. karena saya mempunyai beberapa buah nama panggilan. Tapi akan saya jabarkan satu persatu.

Inoeg
merupakan nama panggilan rumah saya dari saya lahir hingga sekarang. Berasal dari nama akhir saya Nugroho. Kakak sayalah yang memberikan nama panggilan tersebut.
Nama ini biasanya digunakan ketika saya sedang berada dirumah, rumah sepupu saya dan teman-teman SD saya hingga saya kelas 5 SD. Karena kemudian saya pindah sekolah nama ini tidak lagi dipergunakan kecuali saya sedang berada dalam lingkungan keluarga saya.

Atmo
sedikit banyak ndeso memang. Huh atmo, pak atmo or whatever. Tapi apapun itu, saya bangga akan nama ini. Karena merupakan identitas saya sebagai seorang suku jawa tulen dan paten. walaupun memang saya sedikit memiliki darah keturunan seorang pakistanesee yang berasal dari kakek buyut saya, tapi saya tetap seorang jawa tulen yang ngga tulen. karena bahasa jawa halus saya amburadul bin berantakan. tapi saya diberikan anugrah tidak memiliki logat jawa yang medhok nglothok.
Bagi saya sebenarnya nama Atmo ini merupakan sebuah mimpi buruk. Benar2 seakan2 saya berasal dari sebuah dusun antah berantah yang sangat terpencil. Tapi saat ini saya mencoba berbesar hati dan berbangga hati bahwa ini adalah nama saya.
Bagi orang luar negeri ini, Nama Setyatmo itu sangat uniq. Ingat maskot piala dunia di Prancis? Namanya Atmos bukan? =p
Nama ini bermula ketika saya pindah dari SDN tugu Jebres Ke SDN Tirtoyoso No. 111
kemudian berlanjut Ke SMP saya di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam.
Padahal awal mula di Pondok itu saya sudah memperkenalkan diri sebagai Ardi. Tapi karena pembimbing kamar saya adalah seorang Sukoharjo tulen, diledeklah saya jadi Atmo… Huh menyebalkan…
dan kemudian berlanjut Ke SMU, Huh Menyebalkan!!! Kenapa? KARENA ANAK2 ASSALAAM ITU ADA YANG IKUT MELANJUTKAN SMUNYA DI SMU AL ISLAM 1 SOLO. Menyebalkan!! saya jadi tidak bisa Mengganti nama panggilan saya.
Sampai sekarang pun saya masih sering dipanggil dengan nama ini, Ketika mudik dan ketemu temen2 SMP+SMU, bahkan di Jakarta ada temen SMP. Jadi masih ada saja Yang manggil. But Its ok.

Tyo
Nama ini saya gunakan Ketika pada akhirnya saya diterima di UIN jakarta. Suasana baru, nama baru pula. Tapi sebenarnya nama ini diberikan oleh Gebetan saya awal saya kelas 3 SMU. Sayangnya saya lupa siapa nama gebetan itu. Tapi Fotonya masih ada di dompet saya lho…
Teman2 Kuliah saya yang angkatan 2003 yang menggunakan nama ini dan beberapa teman SMU yang lebih nyaman memanggil saya dengan nama ini. Sampai sekarang masih dipakain.

Kevin
Sepertinya terlalu melenceng jauh dari nama asli saya bukan? Tapi memang beginilah keadaannya. Dalam dunia game Online, Inilah nama saya. Kevin!!
Karena pada awal mula saya kenal Game DOTA Online, Nick atau ID yang saya gunakan adalah Kevin_Zegers , Yang merupakan nama seorang aktor canada yang dulu membintangi Film Air Bud, Air Bud 2, MVP dll.
Sampai sekarang, nama Kevin tetap saya gunakan untuk teman2 saya dari dunia game Online.

Ardi
Pada akhirnya saya bisa mempergunakan nama yang keren ini. ARDI
Nama ini saya perkenalkan kepada teman2 kuliah saya angkatan 2005, Dan hanya teman angkatan 2005 yang menggunakan nama ini.

Kenapa Punya banyak nama?
Untuk membedakan dan mengingat jika suatu saat entah sepuluh atau duapuluh tahun kedepan ada yang menyapa saya dengan salah satu panggilan itu.
Paling tidak saya tau, genre teman yang mana beliau berasal.
cuma itu alasan saya.

note: dengan segala hormat… pls… call me as I introduce myself to you… its easier for me to recognize you…

Tags:

2 Responses to “My name is”

  1. kupatahu28 Says:

    keren juga temen2 dikelompokin dari cara dia manggil nama kita…

    KEVIN:
    ene yang ngajarin guru bahasa indo sayah dulu waktu SMA…

  2. arief masud Says:

    Atmo nggak apa-apa yang penting Ardi
    dari pak arief

    KEVIN SAYS:
    siapa yah ini???
    bukan seseorang dari masa lalu saya khan???

Leave a Reply

